A story with tens of thousands of articles.

A story with tens of thousands of articles.
life and death, blessing and cursing, from the main character in the hands of readers.

Friday, November 10, 2017

18 Olahan mi paling enak yang jadi warisan kuliner nusantara


18 Olahan mi paling enak yang jadi warisan kuliner nusantara

Sabtu, 11 November 2017 04:04Reporter : Tantri Setyorini
Sajian mi khas nusantara. © Instagram/baksopriangan
Merdeka.com - Rasanya hampir semua orang sepakat kalau mi adalah makanan favorit sejuta umat. Tak melulu mi instan, bahkan mi basah yang dipadukan dengan bumbu-bumbu nusantara pun jadi kuliner yang selalu dicari.
Bicara soal mi, Indonesia sendiri punya berbagai resep mi yang beragam. Mulai dari ujung barat hingga ujung timur nusantara, kita bisa menemukan aneka olahan mi yang sedap.
Berikut ini kami tampilkan masakan mi paling lezat dari seluruh Indonesia.
Soto mi - Bogor
Soto mi Bogor Instagram/limcecil0909
Ada yang menyebut soto mi berasal dari Betawi. Tetapi Bogor lebih dikenal karena masakan yang satu ini.
Soto mi Bogor terdiri dari mi basah dengan kuah kaldu bening. Sebagai pelengkap disertakan pula jeroan, kentang rebus, irisan tomat, telur ayam rebus, tauge, dan potongan risol bihun.
Mi ongklok - Wonosobo
Sajian mi khas nusantara Instagram/retma
Mi ongklok khas Wonosobo memiliki penampilan yang unik karena mi kuning disajikan dengan kuah kental dan lengket berwarna kecoklatan. Tak ketinggalan irisan kol dan taburan koya di atasnya.
Sebagai lauk pendamping, biasanya penjual akan menyediakan sate sapi manis, tempe kemul, dan keripik tahu.
Bakmi godok - Yogyakarta
Sajian mi khas nusantara Cookpad/Meisha B Ananda
Biasanya disebut bakmi Jawa, dibmbui dengan rempah uleg dan irisan tomat yang menjadikannya berbeda dengan bakmi biasa.
Mi celor - Palembang
Sajian mi khas nusantara Instagram/doyancooking_
Kalau kebanyakan olahan mi disaikan dengan kuah bening atau kuah manis, mi celor hadir dengan kuah santan beraroma udang rebon. Disajikan dengan tauge, irisan telur rebus, taburan daun seledri, daun bawang, dan bawang goreng. Diameter mi yang digunakan pun lebih lebar, mirip dengan mi udon dari Jepang.
Mi ayam - Jakarta
Sajian mi khas nusantara Instagram/inalokajaya
Mi ayam menjadi salah satu olahan mi yang tak hanya populer di Jakarta, tetapi juga di kota-kota lain di Indonesia. Biasanya menjadi pilihan kuliner murah meriah di kaki lima atau warung pinggir jalan.
Untuk memasak mi ayam, mi rebus disajikan dengan siraman ayam bumbu kecap, sawi, dan sambal.
Mi pangsit - Malang
Sajian mi khas nusantara Instagram/baksopriangan
Kalau di Jakarta ada mi ayam, warga Malang lebih akrab dengan mi pangsit yang juga disebut dengan istilah cwie mie.
Dalam hidangan ini, mi rebus hanya dibumbui dengan garam, merica, dan minyak gorengan ayam. Setelah itu disertai sawi atau selada, ayam cincang, bawang goreng, bawang daun, dan kerupuk pangsit. Kadang juga disertai dengan siomay. [tsr] 
sumber: https://www.merdeka.com/gaya/18-olahan-mi-paling-enak-yang-jadi-warisan-kuliner-nusantara.html
Sajian mi khas nusantara. © Instagram/baksopriangan
Merdeka.com - Mi aceh - Aceh
Sajian mi khas nusantara Toko Mesin Maksindo
Baik mi aceh goreng maupun kuah biasanya dimasak dengan bumbu rempah yang sangat pekat dan sedikit pedas. Disajikan dengan acar dan emping melinjo sebagai pelengkap.
Mi kocok - Bandung
Sajian mi khas nusantara Instagram.com/tatavita21
Mi kocok khas Bandung sebenarnya mirip dengan mi bakso yang berkuah bening. Biasanya menggunakan mi lebar dan ditambahi tauge mentah, sawi, dan kikil. Bisa juga ditambahi bakso daging sapi. Sebelum disantap, kucurkan air jeruk nipis di atasnya.
Mi koba - Bangka
Sajian mi khas nusantara Instagram/gnfi
Sajiana mi yang jadi ciri khas Kabupaten Koba, Bangka-Belitung ini hadir dengan kuah encer berwarna kecoklatan yang begitu pekat rasa kaldu ikan. Maklum, kuah mi koba memang dibuat dengan campuran ikan tenggiri.
Mi tiaw - Pontianak
Sajian mi khas nusantara Banyumurti
Ada mie tiaw goreng atau siram yang bisa memuaskan rasa penasaran pecinta makanan terhadap kuliner Pontianak. Setiap piring mie tiaw dilengkapi dengan potongan daging sapi, jeroan babat, telur, daun sawi, dan tauge.
Mi lendir - Batam
Sajian mi khas nusantara Instagram/mei.lan.756
Meskipun terdengar kurang menerbitkan selera, sebenarnya mi lendir termasuk kuliner khas Batam yang digemari banyak orang. Kuahnya yang kental dan licin mirip dengan mi ongklok Wonosobo, tetapi dicampur dengan bumbu kacang.
Sebagai pelengkap, biasanya disajikan dengan telur rebus utuh yang dipotong-potong dan irisan cabai rawit.
Mi gomak - Batak
Sajian mi khas nusantara KSMTour.com
Dari tanah Batak Toba ada mi gomak yang juga tak kalah khasnya. Disebut mi gomak karena dibuat dengan cara digomak-gomak dengan tangan.
Menggunakan mi yang mirip spaghetti, mi gomak biasanya diolah menjadi mi goreng atau mi kuah dengan kuah pedas. Lebih khas lagi jika dimasak bersama merica andaliman khas Sumatera Utara. [tsr] 
sumber: https://www.merdeka.com/gaya/18-olahan-mi-paling-enak-yang-jadi-warisan-kuliner-nusantara-splitnews-2.html
Sajian mi khas nusantara. © Instagram/baksopriangan
Merdeka.com - Mi koclok - Cirebon
Sajian mi khas nusantara Instagram/ershanwp
Bukan mi kocok, tetapi mi koclok khas Cirebon. Disajikan dengan kuah santan beraroma kaldu ayam, suiran ayam, rebusan kol, tauge, dan irisan telur.
Mi cakalang - Manado
Sajian mi khas nusantara Instagram/izh_w.e_organizert
Sup mi khas Manado ini tersaji dengan kuah bening dari kaldu cakalang atau cakalang fufu (cakalang asap) yang memiliki rasa unik. Biasanya disajikan sebagai menu sarapan, dilengkapi irisan daging ikan, sawi rebus, potongan tahu goreng, dan irisan cabai rawit.
Mi titi - Makassar
Sajian mi khas nusantara Instagram/dapur.istimewa
Sebenarnya mi titi mirip dengan tamie capcay. Berupa mi tipis yang digoreng kering dan disiram tumis sayur dan daging berkuah kental. Hanya saja mi titi dilengkapi dengan kucuran air jeruk nipis pula.
Mi lethek - Bantul
Sajian mi khas nusantara Resep Masakan Indonesia
Mi lethek sebenarnya cuma mi yang diolah dari tepung tapioka yang berbahan pati singkong. Karena itulah mi yang mirip bihun ini berwarna kusam alias lethek. Bisa diolah menjadi bakmi goreng atau bakmi kuah.
Bakmi toprak - Solo
Sajian mi khas nusantara KSMTour.com
Berbeda jauh dengan ketoprak Betawi, bakmi toprak Solo hadir dengan kuah bening seperti bakso. Isinya sangat lengkap, mulai dari mi kuning, bihun, daging sapi rebus, cakwe, hingga sosis solo.
Mi belitung - Belitung
Sajian mi khas nusantara Indonesiakaya.com
Kalau Bangka punya mi koba, Belitung punya kuliner mi sendiri. Mi khas Belitung disajikan dengan kuah kaldu udang, potongan kentang rebus, timun, tahu goreng, dan emping melinjo.
Itulah beberapa olahan mi warisan kuliner berbagai kota di Indonesia. Pastikan untuk mencicipi makanan-makanan ini jika mampir ke kota asalnya. [tsr]  

No comments:

Post a Comment

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...